• Sat. Sep 18th, 2021

5 Jenis Istilah Kopi Yang Harus Kamu Ketahui

Byadmin

Aug 22, 2021
5 Jenis Istilah Kopi Yang Harus Kamu Ketahui

Membuka bisnis coffee shop memang tidak mudah, selain bisa menyiapkan tempat yang nyaman, menu yang khas kamu juga harus mencari penjual creamer non dairy, susu, dan kopi yang khusus agar kamu bisa menciptakan menu khas untuk coffee shop kamu. Dalam kafe kekinian banyak sekali istilah kopi yang mungkin kamu yang bukan penikmat kopi tidak terlalu familiar, padahal istilah ini sangat sering di pakai di kafe dan restoran lainnya yang menyediakan kopi sebagai hidangan mereka. Oleh sebab itu untuk kamu yang kurang familiar dengan beberapa istilah proses kopi berikut 5 istilah paling umum yang perlu kamu ketahui.

  1. Espresso

Espresso sering disajikan di berbagai macam kedai atau kafe sebagai salah satu menu kopi. Istilah ini digunakan untuk jenis minuman kopi yang paling dasar yang biasanya disajikan dalam demitasse atau cangkir khusus espresso berukuran 30 mililiter (satu shot) sampai 118 mililiter. Espresso memiliki tekstur yang pekat dan pahit, dengan buih putih alias crema di atasnya yang terbentuk dari tekanan minyak dalam bijih kopi, biasanya espresso dijadikan dasar dalam membuat kopi dengan rasa lain.

  1. Ristretto

Diambil dari bahasa Italia, ristretto berarti “terbatas” atau “terlarang”. Sebenarnya jenis yang satu ini mirip dengan espresso, perbedaan antara espresso dengan ristretto terletak di takaran air dalam minuman masing-masing minuman, Ristretto memiliki kadar air yang lebih sedikit dari pada espresso. Dengan waktu press dalam pembuatan yang sama dengan espresso akan tetapi kandungan air yang berbeda, kedua jenis kopi ini akan menghasilkan rasa yang berbeda pula. Ristretto memiliki tekstur yang lebih pekat dan lebih pahit dibandingkan espresso. Menu ini cocok sekali untuk kamu yang senang dengan kandungan kopi yang strong.

  1. Americano

Americano terbuat dari satu shot espresso yang dituangkan ke dalam cangkir berukuran 178 mililiter, kemudian dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas yang sudah disiapkan. Americano sering di variasikan dengan tambahan dua shot espresso yang melahirkan jenis baru yaitu doppio. Minuman ini bisa disajikan dalam panas ataupun dingin yang biasa dikenal dengan iced Americano.

  1. Cappuccino

Menu yang satu ini cukup familiar dan bisa kamu temukan dalam buku menu tiap kali pergi ke kedai kopi, atau kafe di sekitar kamu. Secara umum cappuccino adalah olahan espresso yang paling banyak digemari karena cappuccino mengandung beberapa campuran yang membuat kopi tersebut tidak terlalu pahit dan strong. Cappuccino terdiri dari espresso dan steamed milk dengan rasio 1:1. Akan tetapi perbandingan ini biasanya dapat disesuaikan dengan selera, oleh sebab itu ada juga yang memakai perbandingan 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, dan 1/3 susu foam. cangkir yang digunakan biasanya berkapasitas 88 mililiter hingga 177 mililiter sesuai dengan selera.

Selain menu yang khas dan juga berkualitas sebuah kafe cukup dipandang dari suasana dan furniture yang mereka miliki. Gunakan furniture kekinian dan juga fasilitas yang nyaman seperti menggunakan cubicle toilet pada kamar mandi, sofa untuk tempat duduk dan lain sebagainya agar pengunjung dapat melakukan kegiatan dan aktifitas dengan lebih nyaman. Jangan lupa sediakan beberapa metode pembayaran cashless seperti m banking bri, e money dan lain sebagainya.