• Tue. Jan 31st, 2023

Mau beli mesin kopi untuk kafe kamu? Simak Tips Beli Mesin Espresso

Byadmin

Dec 26, 2022
Mau beli mesin kopi untuk kafe kamu? Simak Tips Beli Mesin Espresso

Jika kamu penikmati kopi rumahan, tidak perlu beli mesin espresso yang mahal. Karena ada banyak alat yang bisa dipakai. Hasil yang ada juga tidak murahan banget. Contohnya Mokapot Bilateli. Atau bisa dengan handpresso, ini juga sudah cukup lezat. Namun berbeda jika mesin dipakai untuk kafe, meski di rumah.

Mesin yang dipakai untuk kafe tidaklah murah. Makanya harus dipahami dengan baik. Sebelum membeli perhatikan dahulu beberapa hal berikut. Karena asal beli bisa jadi salah. Jangan menyesal kemudian, mari kita simak beberapa tip di bawah ini.

Tips membeli mesin espresso

Sebelum membeli, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini. Agar barang yang kamu beli maksimal nantinya. Mari kita simak.

  1. Cek Review di YouTube

Setelah dapat merek yang akan dibeli, coba cek review di YouTube.  Di zaman sekarang, mudah banget dapat review alat kopi. Jangankan kopi, review mobil juga ada di sana.

Banyak YouTuber yang komitmen review soal alat kopi. Kamu bisa cari di sana. Salah satunya YouTuber Medan, dia banyak jadi rujukan soal mesin kopi murah atau yang mahal.

  1. Kelengkapan Mesin

Ini penting sekali. Sebuah alat kopi besar, seharusnya dilengkapi juga dengan grinder dan beberapa alat lainnya. Ini akan jadi value tersendiri, jika hanya alat espresso saja ngga usah beli. Selain grinder, yang harus kamu perhatikan adalah boiler. Ini wajib ada kalau tujuanmu beli mesin untuk usaha kedai kopi.

Selain itu, adanya grinder dan boiler juga menjadi idealnya sebuah mesin. O, ya, boiler cari doubel, ya, jangan yang singel.

  1. Temperatur

Sebenarnya soal stabilitas temperatur bisa dicek ketika nonton review. Inilah pentingnya cari review sebelum membeli. Stabilitas temperature jadi acuan wajib jika ingin mesin untuk usaha. Bayangkan! Mesin dipakai tanpa henti, jika tiba-tiba mati ketika banyak pelanggan apa ngga malu?

  1. Kapasitas Sesuai

Berapa yang kamu cari? Carilah mesin sesuai dengan kapasitas yang kamu maukan. Jangan lebih jangan kurang. Selain sesuaikan dengan kapasitas kopi, sesuaikan juga dengan kapasitas duit. Jangan boros anggaran hanya untuk kapasitas lebih.

  1. Service center

Jangan dianggap remeh. Mungkin kamu paham mesin kopi, tapi service center memudahkan penanganan kerusakan. Untuk itu, sebelum memutuskan beli tanya detailnya dahulu. Mulai harga, isi, dan yang lebih penting layanan after salesnya.

  1. Desain dan Tampilan

Kayaknya, sih, remeh. Tapi desain dan tampilan juga penting banget. Perhatikan baik-baik, ya.

Dari enam point di atas mana yang sudah kamu lakukan? Sekian informasi yang bisa kami hadirkan. Semoga bermanfaat untuk kita semua.