• Tue. Jan 31st, 2023

Bagaimana Cara Steril Kucing DAN Apa Saja Manfaatnya?

Byadmin

Dec 14, 2022
Bagaimana Cara Steril Kucing DAN Apa Saja Manfaatnya?

Jika Anda khawatir tentang kehamilan yang tidak diinginkan atau penularan penyakit tertentu pada kucing Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk steril kucing Anda, terutama jika berkeliaran di luar rumah atau jika Anda memiliki lebih dari satu kucing lawan jenis.

Apa Itu Steril Kucing?

Steril kucing atau mengebiri merupakan operasi yang dilakukan pada kucing jantan dan betina dengan membuang organ reproduksi seksualnya. Setelah dikebiri, kucing Anda tidak lagi bisa berhasrat, hamil, atau mengandung kucing lain.

Proses steril kucing jantan dan betina berbeda, steril kucing betina seringkali lebih rumit dengan pengangkatan indung telur atau bahkan pengangkatan rahim. Prosesnya juga biasanya melibatkan sayatan kecil di sisi kiri atau di tengah tubuh. Sedangkan kucing jantan yang disteril cenderung lebih sederhana yaitu pengangkatan buah zakar dan tidak dijahit.

Apakah Steril Kucing Sakit?

Sebagai bagian dari operasi, memandulkan kucing melibatkan pemberian obat bius sehingga tidak terasa sakit. Kemudian, kucing Anda juga akan diberikan suntikan pereda nyeri dan obat anti radang. Karena proses mensterilkan kucing jantan cenderung lebih sederhana, kucing jantan biasanya hanya diberikan obat selama 1 hari, sedangkan kucing betina membutuhkan waktu hingga 3 hari.

Manfaat Steril Kucing

Selain mengurangi risiko kehamilan yang tidak diinginkan, steril kucing juga dapat membantu kucing betina mengurangi risiko penyakit tertentu dan memberikan manfaat berikut:

  • Mengurangi risiko buang air kecil sembarangan pada kucing jantan yang menunjukkan tanda-tanda birahi.
  • Mengurangi risiko melarikan diri.
  • Lebih memperhatikan, terutama vulva menjadi lebih lembut.
  • Mengurangi resiko penyakit tertentu, termasuk leukemia dan AIDS pada kucing.
  • Mengurangi resiko infeksi rahim pada kucing betina.
  • Mengurangi pertumbuhan kanker payudara pada kucing betina jika disterilkan pada usia dini.

Kapan Steril Kucing Bisa Dilakukan?

Yang terbaik adalah mensterilkan kucing sebelum pubertas, yang biasanya terjadi antara empat dan enam bulan. Beberapa komunitas dokter hewan merekomendasikan kucing yang disterilkan pada 12 minggu atau bahkan lebih awal.

Biasanya, kucing betina mencapai pubertas saat mulai mengeong lebih keras, sedangkan kucing jantan yang berahi lebih suka buang air kecil sembarangan untuk menandai wilayahnya. Jika Anda khawatir kucing Anda akan hamil secara tidak terduga, sebaiknya simpan kucing di dalam ruangan sampai disterilkan.

Bagaimana Cara Mensteril Kucing?

Anda dapat mensterilkan kucing Anda di dokter hewan. Biasanya dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan sterilisasi. Sebelum operasi, kucing Anda harus berpuasa selama beberapa jam.

Biasanya, biaya steril kucing berbeda-beda tergantung lokasinya. Selain itu, biaya mensterilkan kucing jantan dan betina juga bervariasi, mengingat kerumitan operasi dan waktu pengerjaan. Tidak lupa juga dengan memberikan makanan kucing sehat seperti Pro Plan sesuai dengan usia dan kebutuhannya.