• Sat. Sep 18th, 2021
7 Tips Memilih Makanan Anak Kucing  yang Tepat

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan untuk memelihara kucing adalah soal pemilihan makanannya. Seperti hewan lainnya, kucing peliharaan juga membutuhkan asupan makanan terbaik untuk membuatnya tetap sehat dan berumur panjang. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat memilih makanan anak kucing.

1.      Hindari Makanan yang Mengandung Pengawet

Pilihlah makanan yang mengandung bahan pengawet. Beberapa bahan pengawet yang berbahaya untuk kucing adalah butylated hydroxyanisole, butylated hydroxytoluene, propil galat, propilen glikol, dan oksitosin. Bahan pengawet tersebut dapat menyebabkan kanker pada hewan peliharaan, misalnya kucing. 

2.      Hindari Makanan yang Menyebabkan Alergi

Seperti halnya manusia, kucing juga dapat mengalami alergi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menjauhkan makanan yang sekiranya bisa menimbulkan alergi. Jika kucing mengalami alergi gandum, maka pastikan Anda memilih produk yang memiliki label grain-free.

3.      Perhatikan Kandungan Taurine

Kucing merupakan salah satu jenis hewan karnivora obligat. Hal ini membuat kucing sangat memerlukan pakan dengan kandungan protein tinggi agar terpenuhi seluruh kebutuhan vitamin dan asam amino mereka. Salah satu jenis asam amino vital yang diperlukan oleh kucing dari makanan harian mereka yaitu taurine.

4.      Sesuaikan dengan Kebutuhan Kucing

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memilih makanan kucing adalah menyesuaikan kebutuhan pakan dengan usia, rasa atau ukuran, dan aktivitas karena setiap kucing memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, saat memilih makanan kucing, Anda harus menyesuaikan jenis makanan yang tepat.

5.      Memilih Bahan Dasar yang Tepat

Kucing adalah hewan karnivora murni. Jadi, semua kebutuhan makanan kucing harus bersumber dari daging. Maka dari itu, cara terbaik memilih makanan kucing terbaik adalah dengan makanan alami, seperti daging ikan, ayam, kalkun dan lain sebagainya. Pilihlah makanan kucing yang terdaftar dan menjamin jika produk pabrikan tersebut mengandung bahan alami.

6.      Mengandung Karbohidrat Rendah

Biasanya, makanan kucing kering mengandung karbohidrat tinggi, padahal kucing membutuhkan energi yang berasal dari protein dan lemak. Kucing hanya membutuhkan karbohidrat sangat sedikit. Maka dari itu, makanan kucing yang baik harus bebas dari berbagai jenis biji-bijian dan tidak mengandung karbohidrat lebih dari 5%. 

7.      Perhatikan Kandungan Nutrisi

Salah satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan adalah kandungan nutrisi yang terkandung di dalam makanan kucing tersebut. Pastikan Anda memilih makanan kucing yang mengandung energi, protein, asam amino, mineral, ion, vitamin, asam lemak, karbohidrat dan serat. Hal ini dikarenakan semua kandungan tersebut sangat baik untuk tumbuh kembang kucing. 

Itulah 7 tips cara memilih makanan anak kucing. Pastikan Anda memberikan makanan yang bermerek dan berkualitas bagus agar kesehatan kucing tetap sehat dan tumbuh prima. Jangan membeli makanan yang murah karena ditakutkan jika makanan tersebut mengandung bahan-bahan yang membahayakan untuk anak kucing.