• Fri. Jun 21st, 2024

4 Cara Mengatasi Menggigil Tanpa Demam, Mudah dan Murah

Nov 27, 2022
4 Cara Mengatasi Menggigil Tanpa Demam, Mudah dan Murah

Pernahkah Anda merasakan menggigil tanpa demam? Perasaan ini biasanya datang tiba-tiba saja Pada saat Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat. Bahkan seringkali datang sesudah mandi.

Untuk mengatasi hal itu Anda dapat melakukan beberapa hal dibawah ini agar kondisinya tidak memburuk. Apa sajakah itu? Simak beberapa tips dibawah ini.

Mengatasi Menggigil Tanpa Demam

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa menggigil tanpa demam. Mulai dari kekurangan nutrisi,  kekurangan gula,  atau bahkan merupakan gejala dari penyakit tertentu.

Semua hal tersebut tentu saja perlu diwaspadai.  Namun jika gejala ini timbul sesekali saja, maka Anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasinya agar tidak memburu.

  • Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Salah satu yang menyebabkan timbulnya gejala menggigil tanpa didahului rasa demam adalah kekurangan nutrisi. Sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi dan lengkap.

Konsumsi lapangan pangan segar agar memperoleh kandungan vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hindarilah makanan cepat saji ataupun Frozen untuk mengurangi kadar bahan pengawet, pemanis, dan garam yang berlebihan.

Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen tambahan jika sekiranya sulit mendapatkannya dari konsumsi harian. Belilah suplemen yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Konsumsilah Air Puth

Salah satu tindakan pencegahan menggigil tanpa demam adalah konsumsi air sebanyak 2 liter. Sebab itu juga merupakan salah satu gejala timbulnya dehidrasi ringan.

Jika diperlukan Anda dapat menggantikan air putih tersebut dengan air mineral yang sudah diberikan tambahan berbagai macam zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lakukanlah secara teratur untuk mengurangi gejala.

  • Mandi dengan Air Hangat

Jika anda terbiasa mandi malam maka Usahakanlah untuk mandi dengan menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar tubuh tidak merasakan dingin atau mengalami penurunan karena suhu air yang berbeda dibandingkan dengan suhu tubuh.

Jika diperlukan sudah mandi Anda dapat membalurkan minyak herbal yang hangat. Tujuannya adalah untuk mempertahankan suhu tubuh agar tetap terasa hangat. Minyak yang umum digunakan adalah minyak kayu putih  serta minyak telon.

  • Hindari Cuaca Dingin

Salah satu penyebab Anda bisa menggigil tanpa merasa demam adalah suhu udara yang lebih dingin daripada suhu tubuh. Jika itu terjadi, maka Anda bisa mengenakan pakaian hangat yang tebal sehingga dapat mempertahankan kehangatan tubuh.

Selama itu juga Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berkuah dan hangat.  Antara lain adalah sop ayam atau daging yang mengandung lemak sehingga bisa dijadikan tambahan tenaga.

Anda juga bisa mengkonsumsi teh jahe untuk menghangatkan tubuh.  tambahkan dengan lemon dan madu sehingga meningkatkan rasa dan memberikan tenaga lebih.

Kini Anda dapat mengatasi timbulnya gejala menggigil tanpa demam. Jika berlanjut, maka sudah waktunya berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada tubuh sehingga dapat ditangani lebih dini.