• Mon. May 20th, 2024

5 Cara Mendukung Tahap Perkembangan Kognitif Anak, Orangtua Wajib Tahu

Dec 11, 2022
5 Cara Mendukun Tahap Perkembangan Kognitif Anak, Orangtua Wajib Tahu

Di tengah-tengah perkembangan dunia yang sangat pesat ini, banyak sekali pertanyaan tentang bagaimana caranya mendukung anak dalam setiap tahap perkembangan kognitif?

Masa depan yang akan dihadapi oleh sang buah hati sangat berbeda dari orang tuanya. Wajar jika orang tua merasa khawatir dengan perkembangan kognitifnya.  Sebab,  di masa mendatang, mereka yang tidak mampu berkompetisi pasti akan tersingkir.

Lalu, apa yang seharusnya orangtua siapakan untuk memastikan bahwa setiap tahap perkembangan kognitif terlampau dengan baik?

Dukungan Tahap Perkembangan Kognitif Anak

Ada banyak cara mendukung tahap perkembangan kognitif anak. Mulai dari yang sederhana sampai yang membutuhkan perhatian. Anda bisa memilih alternatif aktivitas sesuai dengan ketersediaan waktu dan kemampuan dibawah.

Mendongeng Sebelum Tidur

Mendongeng sebelum tidur merupakan salah satu dukungan perkembangan kognitif sang buah hati. Jika memungkinkan, Anda dapat membeli buku cerita khusus anak-anak yang memiliki dimensi berbeda dari jenis yang lain.

Dengan mendongeng Anda dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan imajinasinya. Karena secara tidak disadari, sang buah hati akan mempelajari banyak penamaan yang sesuai dengan karakternya.

Memberikan Alat Peraga

Salah satu perkembangan kognitif yang bisa diamati adalah pengenalan terhadap angka dan huruf yang sederhana. Anda bisa memulainya dengan memberikan contohnya dalam ukuran besar.

Langkah selanjutnya adalah meluangkan waktu untuk melakukan permainan yang melibatkan huruf dan angka. Antara lain adalah tebak-tebakan, berlomba mencari dan lain sebagainya.

Bebaskan Anak Berkreasi

Untuk meningkatkan kemampuan kognitif nya Anda bisa memberikan kebebasan untuk berkreasi. Alat paling sederhana adalah mainan yang terdiri dari berbagai macam warna dan mudah untuk diubah dalam bentuk apapun.

Dengan bermain menggunakan lilin mainan, maka anak akan mengenali berbagai macam warna serta bentuk yang.tepat. Dari situ ia akan mendapatkan tambahan kosakata serta pengetahuan yang berbeda

Berkomunikasi

Komunikasi juga merupakan salah satu cara mendukung kemampuan kognitif anak. Bahkan dengan pertanyaan sederhana saja Anda sudah bisa mengetahui sampai tingkat mana tahapan perkembangan tersebut.

Caranya pun sangat sederhana. Pertanyaan tentang hal sederhana kepada sang Buah Hati. Lakukanlah ini ketika meluangkan waktu di luar rumah. Hal yang bisa dilakukan misalnya adalah bertanya tentang nama hewan ketika tidak sengaja bertemu.

Memuji

Pujian yang tulus merupakan salah satu faktor pendorong paling hebat yang bisa membantu anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif nya. Sebab sang buah hati akan merasa didukung dan dihargai ketika sudah mencapai keterampilan tertentu.

Oleh karenanya jangan sungkan-sungkan untuk menguji kemampuan anak, Agar memiliki semangat lagi untuk merekonstruksikan pengetahuan baru.

Beberapa pilihan dukungan tahap perkembangan kognitif anak bisa dilakukan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan sang Buah Hati. Konsisten mendampingi si kecil agar tumbuh kembangnya berlangsung dengan optimal.