• Tue. Jan 31st, 2023

Memajukan Desa Wisata Gamplong dengan Digitalisasi

Byadmin

Oct 20, 2021
Memajukan Desa Wisata Gamplong dengan Digitalisasi

Kini desa wisata tengah menjadi trend bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan yang identik dengan kearifan lokal. Di Indonesia memiliki banyak desa wisata yang sedang berkembang, salah satunya ialah desa wisata Gamplong.

Desa Gamplong memang mempunyai berbagai macam atraksi menarik namun tidak terlalu menguras kantong ketika kamu berlibur ke sana. Setiap desa wisata memiliki ciri khas baik dari segi keindahan alam, arsitektur bangunan, seni budaya masyarakatnya, kuliner maupun nilai sejarah.

Apa Yang Menarik Dari Desa Gamplong?

Desa Gamplong yang terletak di Sleman, Yogyakarta tengah menjadi objek wisata populer saat ini, desa ini juga masuk kedalam program wisata super prioritas dari https://www.kemenparekraf.go.id/. Apa sih keunikan dari desa Gamplong? Bagi kamu yang sudah menonton film Bumi Manusia atau Sultan Agung, pasti familiar dengan desa Gamplong.

Lokasi syuting film tersebut ialah desa Gamplong sehingga kamu bisa melihat adanya studio dan beberapa spot instagrammable di desa tersebut. Berkat pembuatan film-film yang menggunakan dekorasi kreatif, kamu bisa menyaksikan nuansa sejarah di lokasi tersebut.

Selain itu, wisata Gamplong Jogja juga terkenal sebagai desa penghasil kain tenun terutama lurik dan stagen. Jadi kamu dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kain lurik sebagai tambahan pengetahuan ketika berlibur ke desa Gamblong.

Jarak desa Gamblong dengan objek-objek wisata lainnya di Jogja cukup dekat sehingga kamu bisa langsung memasukan desa wisata ini dalam bucket list perjalanan kamu. Masih banyak lagi potensi yang ada di desa Gamblong untuk mengembangkan aspek pariwisata dan ekonomi kreatif desa ini.

Mempromosikan Desa Wisata Gamplong dengan Strategi Digital Tourism

Dalam rangka mengembangkan potensi desa wisata, pengelola wisata dan masyarakat setempat bersama-sama menerapkan strategi yang efektif. Terlebih lagi di tengah pandemi seperti ini, banyak sektor pariwisata yang terhenti.

Seiring dengan pemerataan vaksin di beberapa tempat, maka beberapa destinasi wisata sudah mulai terbuka kembali. Meski semua masyarakat sudah vaksin, penerapan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama ketika mengunjungi berbagai objek wisata termasuk desa wisata.

  • Pengertian Digital Tourism

Pada dasarnya digital tourism merupakan strategi promosi destinasi wisata menggunakan platform digital. Dengan kata lain, digital tourism ini bukan hanya mengenalkan keunikan dan keindahan suatu objek wisata namun juga menyebarluaskan objek wisata tersebut secara luas.

Digital tourism ini memiliki jangkauan yang sangat luas sehingga sangat berpotensi untuk menggaet wisatawan mancanegara. Jika promosi desa Gamplong mampu menarik wisatawan asing, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat di desa tersebut akan semakin meningkat.

Masyarakat desa Gamplong juga bisa berpartisipasi dalam ADWI (Ajang Desa Wisata Indonesia) di mana Kemenparekraf akan memberikan penghargaan bagi desa wisata yang berprestasi. Hal ini memacu masyarakat desa Gamplong untuk mengembangkan potensi parekraf secara optimal.

  • Manfaat Digital Tourism

Strategi digital tourism yang secara efektif dapat memancing para wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata sangat berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat di desa wisata tersebut. Jadi media promosi digital ini bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Di samping itu, secara tidak langsung masyarakat menjadi terbiasa mengoperasikan teknologi digital. Peran platform digital sangat penting dalam sektor pariwisata maupun ekonomi kreatif, sehingga masyarakat bisa beradaptasi dengan teknologi yang semakin canggih.

Kini sebagian besar masyarakat sudah melek teknologi, Keberadaan teknologi dan internet sangat menunjang kegiatan ekonomi kreatif masyarakat. Bahkan beberapa orang sudah mulai menerapkan tren pariwisata secara digital sebagai contoh pembuatan pre on post journey secara online.

  • Persiapan Digital Tourism

Masyarakat dapat mengoptimalkan kegiatan ekonomi kreatif dan potensi desa wisata dengan menerapkan strategi digital tourism. Untuk memperoleh hasil maksimal, maka perlu persiapan yang matang terutama dari segi internet ataupun infrastruktur telekomunikasi.

Tanpa layanan internet yang memadai, sangat sulit untuk menerapkan strategi digital tourism. Sehingga infrastruktur telekomunikasi maupun informatika harus sudah maksimal agar masyarakat dapat mempromosikan  desa wisata melalui strategi digital tourism ini.

Mempromosikan desa Gamplong sebagai desa wisata harus dibarengi dengan pembangunan infrastruktur di dalamnya. Infrastruktur yang memadai akan membuat wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung ke desa wisata ini.

Kemunculan desa-desa wisata di Indonesia, termasuk desa wisata Gamplong semakin banyak. Mereka berusaha menonjolkan keunikan masing-masing dengan menggali potensi pariwisata maupun ekonomi kreatif melalui strategi digital.

Berkunjung ke desa wisata Gamplong dapat memberikan pengalaman yang berbeda bagi wisatawan. Strategi digital cukup efektif untuk mempromosikannya.

Related Post