• Mon. May 20th, 2024

5 Tips Kreatif Mengemas Barang untuk Pelaku UMKM

Nov 15, 2023
Tips Kreatif Mengemas Barang untuk Pelaku UMKM

Jika Anda merupakan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang giat berjualan secara online, jangan hanya terpaku pada kualitas produk yang dijual saja. Tingkatkan juga minat para target konsumen pada produk Anda, dengan mengemas barang sekreatif mungkin sebelum dikirim dengan jasa pengiriman barang. Anda bisa ikuti 5 tips kreatif dalam mengemas barang berikut ini.

1. Desain Packaging Usaha Sendiri

Apa packaging atau kemasan yang selama ini Anda gunakan untuk mengemas produk usaha yang Anda jalankan? Jika selama ini Anda masih menggunakan kardus bekas ataupun kertas karton polos untuk mengemas produk yang dijual, yuk ganti kebiasaan itu mulai dari sekarang. Buatlah desain packaging sendiri, yang juga sekaligus berfungsi untuk keperluan branding Anda.

Anda bisa pilih, mau packaging dalam bentuk kotak karton, plastik, ataupun bahan lainnya. Dalam memilih jenis packaging ini, sesuaikan juga dengan jenis produk yang Anda jual. Misalnya saja, jika Anda menjual produk seperti pakaian, packaging yang terbuat dari plastik bisa jadi pilihan. Namun, jika Anda menjual pernak-pernik, packaging berupa kotak karton bisa dipilih.

Nah, agar terlihat unik, Anda bisa pasang logo, tagline, ataupun nama brand pada permukaan packaging tersebut. Intinya, packaging yang Anda gunakan itu eksklusif alias khusus hanya dimiliki oleh usaha Anda, sekaligus meningkatkan branding dari usaha yang Anda jalankan. Tidak hanya pembeli baru, pembeli lama pun bisa melakukan repurchase karena suka dengan packaging-nya.

2. Sisipkan Pesan Singkat di Dalam Kemasan Barang

Anda tahu tidak cara agar pembeli merasa diapresiasi atas pembelian produk yang dilakukannya? Salah satu caranya adalah dengan menyisipkan catatan atau pesan singkat, sebagai tanda terima kasih Anda pada pembeli yang telah membeli produk usaha Anda. Catatan tersebut bisa Anda cetak secara khusus atau ditulis tangan langsung pada kertas memo agar lebih terasa eksklusif.

Pesan singkat yang disisipkan oleh penjual pada pembeli biasanya berisikan ungkapan terima kasihnya atas pembelian yang telah dilakukan. Selain itu, biasanya juga berisi harapan agar pembeli merasa puas atas produk yang telah dibelinya. Dengan begini, maka pembeli pun akan lebih menanti-nanti kedatangan paket yang diantar kurir jasa pengiriman barang, karena tidak sabar membukanya.

3. Pilih Alternatif Pengganti Bubble Wrap yang Lebih Unik

Bubble wrap merupakan salah satu kemasan yang kerap kali digunakan dalam mengemas barang, dengan tujuan untuk melindungi barang yang dikirim. Selain itu, penggunaan bubble wrap juga bisa mengisi ruang di dalam kemasan barang, sehingga barang yang berada di dalamnya tidak berpindah tempat saat diantar jasa pengiriman barang dan meminimalisir kerusakan.

Namun, dibanding dengan menggunakan bubble wrap yang terkesan monoton, Anda bisa menggantinya dengan kemasan atau bahan alternatif pengganti bubble wrap yang tidak hanya melindungi barang di dalam kemasan saja, melainkan membuat pengemasan barang jadi terlihat lebih unik. Anda bisa ganti dengan bahan seperti shredded paper atau packing peanut yang beraneka warnanya.

4. Buat Lakban Custom Khusus untuk Brand

Jika pengemasan produk Anda kerap menggunakan lakban, bagaimana kalau Anda berinisiatif untuk membuat lakban custom khusus untuk brand Anda? Alih-alih menggunakan lakban biasa, entah itu yang berwarna hitam atau kuning, Anda bisa desain sendiri lakban yang nantinya saat ditempel akan bisa memperkenalkan brand Anda ke orang-orang yang melihatnya.

Penggunaan lakban custom bukanlah hal yang asing lagi bagi banyak pemilik usaha. Penggunaan lakban ini tidak hanya berguna untuk memastikan kemasan barang aman saja, namun juga meningkatkan brand awareness. Pasalnya, pada lakban nantinya akan bisa terdapat logo, tagline, ataupun nama brand yang Anda miliki. Tidak hanya pembeli, setiap orang yang melihat pun bisa mengenalinya.

5. Tambahkan Aneka Free Goodies yang Menarik

Siapa sih yang tidak suka dengan bonus gratisan atau free goodies? Nah, Anda bisa menarik minat target konsumen Anda dengan memberikan aneka bonus menarik di setiap pembelian produk usaha Anda. Aneka goodies gratis ini bisa Anda masukkan ke dalam kemasan produk yang dikirimkan dengan jasa pengiriman barang, sehingga nantinya jadi kejutan bagi para pembeli.

Aneka goodies gratis yang Anda berikan pada para pembeli tidak harus yang harganya mahal kok. Misalnya saja, jika Anda menjual pakaian untuk wanita, Anda bisa sisipkan goodies gratis berupa ikat rambut atau misalnya jika Anda menjual buku, Anda bisa memberi goodies gratis berupa pembatas buku. Meskipun harganya murah, tetap saja bakal membuat pembeli merasa diapresiasi.

Nah, itulah tadi 5 tips kreatif mengemas produk yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik UMKM. Kemasan produk yang bagus akan meningkatkan kepuasan pembeli atas produk Anda, sehingga bisa meningkatkan potensi untuk melakukan repurchase. Setelah produk selesai dikemas, gunakanlah jasa pengiriman barang posaja.co.id untuk mengantar barang ke pembeli.